Thursday, March 09, 2006

Metoda Menghafal dan Mempertahankan Ingatan


Telah dilaporkan oleh Tirmidzi dan Hakim bahwa Sayidina Abbas pernah menemani Rasulullah saw ketika Ali Ra datang dan berkata,"Wahai Rasulullah saw, engkaulah yang paling kusayangi melebihi bapak ibuku. Aku berusaha menghafal Al-Quran tapi tidak dapat melakukannya karena hilang dari ingatanku".

Rasulullah saw kemudian bersabda, "Maukah kamu kuterangkan metode yang bermanfaat bagimu dan orang-orangyang mengikutimu?. Engkau nanti akan
sanggup mengingat apa yang kau pelajari".


Kemudian Rasulullah bersabda," Ketika tiba malam yang mendahului Jum'at, bangkitlah di sepertiga malam terakhir, karena itu adalah waktu yang terbaik dari seluruh malam, sebagaimana ini adalah waktu yang telah dinantikan oleh Nabi Yaqub as, ketika beliau berkata kepada anak-anaknya, bahwa Allah swt akan mengangkatnya sebagai Nabi, dan setiap doa-doa orang yang beriman akan dikabulkan".


Ibnu Abbas ra melaporkan bahwa setelah 5-7 Jum'at kemudian, Sayidina Ali Ra mendatangi Rasulullah saw dan berkata," Sebelumnya aku biasa mempelajari kurang lebih empat ayat tetapi aku tak bisa mengingatnya. Sekarang aku mempelajari 40 ayat dan aku bisa mengingatnya seolah-olah aku melihat Al-Quran yang terbuka dihadapanku. Sebelumnya ketika aku mendengar sebuah hadist lalu mengulanginya, aku tak dapat mempertahankannya. Namun sekarang aku mendengar hadist dan ketika aku meriwayatkannya kepada yang lain, aku tak
kehilangan sepatah katapun".

Special buat penyemangat diri yang telah lama frustasi cos hapalan ga nambah2.
di kutip dari sini

No comments: